Pelatihan Manajemen dan Promosi Pelaku Usaha

Dilihat : 1837 Kali, Updated: Rabu, 30 Maret 2022
Pelatihan Manajemen dan Promosi Pelaku Usaha

Purwokerto - Kolaborasi Alfamart dan Radar Banyumas guna mempromosikan produk-produk UMKM Kab. Banyumas

Siapa dan apa peran masing-masing manusia dalam berbisnis?? Dan apa apa tujuan yang ingin dicapai dari usaha tersebut? Bisnis yang baik tidak hanya untuk mencari keuntungan saja tetapi juga bagaimana cara agar bisnis kita dapat tumbuh dan berkembang.

Adapun tujuan dari Pelatihan Manajemen dan Promosi Pelaku Usaha ini berfungsi Menyebarkan informasi produk kepada target pasar potensial, untuk mendapatkan kenaikan penjualan (profit/laba), mendapatkan pelanggan baru dan menjaga kesetiaan pelanggan, menjaga kestabilan penjualan ketika terjadi lesu pasar, membentuk citra produk di mata konsumen sesuai dengan yang diinginkan.

Dinas Tenaga Kerja Koperasi dan UKM Kab. Banyumas menyelenggarakan Pelatihan Manajemen dan Promosi Pelaku Usaha. Kegiatan ini dilaksanakan mulai tanggal Selasa, 29 Maret 2022 diikuti peserta pelatihan 35 (tiga puluh lima) orang UMKM yang sudah memiliki legalitas/ perizinan (NIB, P.IRT dan halal) serta mempunyai kemasan (packaging) yang bagus. Pelatihan ini dibuka Bapak. Drs. JOKO WIYONO, M.Si selaku Kadis DINNAKERKOP UKM Kab. Banyumas membuka secara resmi Pelatihan Manajemen dan Promosi Pelaku Usaha, yang di dampingi oleh Bapak Bejo Siswanto, SH selaku Kepala Bidang UKM DINNAKERKOP UKM Kab. Banyumas dan Ketua ASPIKMAS.

Kadis DINNAKERKOP UKM menyampaikan, dalam rangka upaya pemberdayaan dan pengembangan UMKM dengan melalui dukungan peningkatan standar mutu sekaligus daya saing produk, dengan kualitas produk yang baik akan berbanding lurus dengan permintaan konsumen Dan diharapkan nantinya UMKM dapat bersaing sampai dengan ke luar negri. Pertumbuhan bidang perdagangan memiliki peran penting dalam membantu perekonomian di masyarakat. Pedagang tradisional merupakan pelaku usaha memiliki peran yang besar sebagai roda perekonomian di Indonesia. Namun sistem sederhana yang diterapkan belum menunjang untuk mendorong usaha tersebut berkembang dalam skala yang lebih luas. Ujung dari permasalahan yang dihadapi pelaku UMKM pada umumnya adalah bagaimana bisa memasarkan produknya sebagai sirkulasi pendapatan dan permodalan untuk proses produksi berikutnya. Penguatan promosi dan pemasaran produk UMKM menjadi sebuah keniscayaan dan harus mendapat dukungan dan keberpihakan dari Pemerintah Daerah melalui strategi peningkatan promosi dan pemasaran produk UMKM yang  pada akhirnya dapat mensejahterakan masyarakat khususnya pada pelaku UMKM .

 

Komentar